Bagaimana Cara Merawat Mesin Motor Secara Reguler Yang Baik?

Mesin motor apabila tidak pernah atau jarang digunakan maka akan cepat rusak sehingga harus membutuhkan perawatan secara reguler. Hal ini juga pada mesin motor yang hampir setiap hari dipakai, maka akan juga membutuhkan perawatan yang bagus supaya tidak gampang rusak. Merawat mesin motor secara reguler merupakan salah satu cara atau metode yang dapat anda lakukan supaya mesin motor anda tetap awet. Cara dalam merawat mesin motor sendiri dapat anda lakukan sendiri dengan langkah yang mudah, dan juga dengan perawatan rutin dari pihak bengkel motor anda. Apabila anda ingin merawat mesin motor anda, maka anda bisa melakukan hal berikut ini:

merawat mesin motor secara regular
Merawat Mesin Motor Secara Regular

1. Rajin memanaskan  mesin sebelum dipakai

Hal ini memang terbilang sederhana dan remeh, namun ternyata dengan rajin memanaskan mesin motor setiap kali akan digunakan, apalagi hendak digunakan dalam berpergian yang jauh maka hal ini akan membuat kinerja dari mesin tersebut lebih stabil dan lebih bagus sehingga tidak gampang rusak.

2. Rajin mengganti oli

Selain rajin memanasi mesin motor, maka anda juga harus rajin mengganti oli anda. Oli adalah pelumas dari mesin itu sendiri. Apabila anda selalu rajin menggantinya maka kerja dari mesin juga akan baik dan tidak berat. Dan hal ini tentu saja dapat merawat mesin lebih baik lagi.

Selain itu anda juga bisa merawat mesin motor secara reguler dengan bantuan pihak lain atau lebih tepatnya pihak bengkel. Maka biasanya dalam merawat mesin, pihak bengkel akan melakukan hal ini yaitu melihat kebersihan dan kestabilan dari mesin. Mesin yang sering dipakai tentu saja akan cepat kotor dan apabila hal ini tidak dibersihkan maka mesin motor akan bekerja dengan lebih berat dan tidak stabil. Sehingga pihak bengkel akan membersihkan mesin sehingga membuat mesin dapat bekerja lagi dengan stabil.

Selain itu dalam merawat mesin motor secara reguler, juga akan mengecek rem dan knalpot. Salah satu yang mempengaruhi kinerja mesin adalah rem dan knalpot. Apabila rem dalam keadaan stabil maka kinerja rem juga akan baik. Selain itu kebersihan knalpot juga dapat mempengaruhi kinerja mesin agar dapat bekerja lebih baik lagi.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner