Tips Sederhana Mengoptimalkan Mesin Mobil

Tips Sederhana Mengoptimalkan Mesin Mobil - Ada cukup banyak vendor mobil yang masuk ke indonesia menjadikan banyak varian tipe mobil yang beredar di pasaran. Setiap vendor menawarkan desain dan spesisifikasi tersendiri dan menonjolkan kekhasan pabrikan sehingga mobil yang beredar bervariasi secara desain, spesifikasi dan teknologi. Dengan banyaknya varian mobil yang beredar di pasaran teryata tida serta merta mampu memuaskan hasrt dan keinginan konsumen tentang bayangan performa mesin yang optimal, tidak dapat dpungkiri banyak diantar pengguna mobil kurang puas dengan performa standar bawaan pabrik. Dengan keingian dan kepuasan konsumen yang tidak terbatas, banyak diantara konsumen yang mengotak-atik mobilnya untuk mengoptimalkan mesin mobil. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan performa mobil di jalanan khususnya bagi pecinta automotif.

mengoptimalkan mesin mobil

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengotmalkan mesi mobil anda. Dari cara-cara manual yang dapat kita lakukan dengan sederhana hingga mengoprek mesin mobil guna meningkatkan peforma mesin. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan:

1. Mengurangi beban mobil
Kita tahu bahwa semakin berat beban mobil akan semakin membebani kinerja mesin, namun buka berarti anda harus melepas bagian-bagian mobil yang bersifat aksesoris. Anda dapat mengatasinya dengan mengganti komponen yang berat dengan komponen dari bahan lain yang lebih ringan dan tidak membawa barang yang tidak perlu. Ini merupakan cara paling sederhana mengoptimalkan mesin mobil.

2. Mengubah saringan udara (Air Filter)
Saringan udara adalah salah satu bagian penting. Melepas saringan udara akan memungkinkan lebih banyak udara masuk naun udara kotor tidak tersaring dan tidak baik bagi mesin. Hal ini dapat diatasi dengan mengganti sringan udara dengan ukuran lebih besar dan elemen penyaring yang tidak begitu padat sehingga udara lebih bebas masuk.

3. Memodifikasi sistem pembuangan (knalpot)
Dengan mengganti sistem pembuangan dengan jenis free flow dengan pipa besar atau knalpot racing dapat mengurangi hambatan pada sistem pembungan sisa pembakaran mesin sehingga mampu meningkatkan tenaga kuda pada mesin.

4. Menyeting ulang karburator
Dengan cara menyeting ulan spuyer pada mesin yang masih menggunakan karburator sebagai pengabut bahan baar untuk mendapatakan asupan bahan bakar yang sesuai atau bahakan dengan mengganti karburator dengan veturi yang besar.

5. Menggunakan busi dan bahan bakar yang baik
Menggunakan busi iridium akan membuat mobil mampu berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Sementara itu penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi juga akan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna dan mengawetkan mesin.

Baca Juga :


Demikianlah tips sederhana untuk mengoptimalkan mesin mobil yang dapat anda lakukan, selamat mencoba dan berkreasi pada mobil anda.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner