Tips Mengganti Oli Motor Yang Baik Dan Benar

Oli merupakan asalah satu komponen penting dalam sebuah motor. Karena oli tersebut mempunyai peranan penting dari sebuah motor. Bagi anda yang belum paham akan kinerja dan peran dari oli, maka anda harus mengetahui tips mengganti oli motor. Karena dengan rajin mengganti oli dalam motor anda maka anda akan memperoleh beberapa manfaat misalnya:

1. Mesin lebih awet
Oli adalah pelumas mesin. Apabila anda rajin  mengganti oli anda maka mesin anda juga akan lebih awet dan lebih baik dalam bekerja.

2. Hemat bahan bakar
Karena mesin lebih baik kinerjanya apabila anda rajin mengganti oli, maka tentu saja bahan bakar anda juga akan lebih hemat karena proses pengambilan bahan bakar dan penggunaannya akan lebih stabil.

3. Laju motor lebih stabil
Selain itu, mesin yang diberi pelumas dengan lebih baik maka laju motor tersebut juga akan lebih stabil dan lebih nyaman apabila digunakan.

tips mengganti oli motor

Sehingga dari sini maka anda harus paham bagaimana tips mengganti oli motor dengan benar supaya kinerja dari mesin motor anda lebih stabil. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Menggunakan oli yang khusus untuk motor anda
Hanya gunakan oli yang khusus untuk motor anda. Karena pada saat ini ada banyak jenis motor, maka pastikan bahwa oli yang anda gunakan juga sesuai dengan jenis motor anda supaya kinerjanya lebih baik dalam melumasi mesin.

2. Mengganti oli pada saat kilometer tertentu
Hal ini sebaiknya anda catat kapan anda harus mengganti oli anda atau di kilometer berapa anda harus mengganti oli anda supaya mesin anda tidak cepat rusak.

Baca Juga :
Selain itu anda harus paham bahwa mengganti oli bukan karena waktu namun karena jarak tempuh yang telah anda tempuh. Sehingga hal ini akan lebih stabil dalam mesin. Karena apabila anda berpatok pada waktu, maka tidak dapat dipastikan waktu itu berapa kilometer yang anda tempuh. Sehingga salah satu tips mengganti oli motor adalah dengan melihat jarak tempuh anda. Dengan ini maka mesin anda akan dilumasi pada saat yang tepat.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner