3 Tips Mengoptimalkan Karburator Motor Anda

Karburator pada motor pada dasarnya berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar dan udara ke dalam ruang pembakaran. Jika kinerja karburator kurang optimal, maka pembakaranpun tidak sempurna sehingga akan mengganggu kinerja mesin pada motor. Untuk menghindari hal itu terjadi maka anda harus mengoptimalkan karburator motor anda. Bahan bakar yang masuk ke dalam karburator akan di ubah menjadi partikel dengan menambahkan komposisi udara seperti oksigen dalam perbandingan tertentu, sehingga bahan bakar menjadi layak untuk dibakar. Karena pembakaran tidak akan terjadi sekalipun kita memasukkan bensin ke dalam ruang pembakaran jika tidak dicampur dengan komposisi udara berupa oksigen.

mengoptimalkan karburator motor

Karburator sendiri memiliki dua prinsip kerja ,yaitu tekanan udara dan efek venturi. Karburator yang ada dipasaran sebenarnya diperuntukkan bagi motor 2 tak. Namun kenyataannya karburator ini lebih disukai oleh motor 4 tak, tetapi tetap saja karena bukan yang sesuai maka kinerjanya pun kurang optimal. Berikut ini beberapa tips yang dapat mengoptimalkan karburator motor anda.

1. Mengganti atau menyiasati jarum skep
ketika karburator yang dipakai tidak sesuai standar maka daya yang dihasilkan kurang maksimal. Seperti campuran bahan bakar terlalu pekat sehingga membuat akselerasi motor menjadi berat. Hal ini dapat diatasi dengan mengganti jarum skep bawaan dengan jarum skep yang lebih tebal sehingga campuran bahan bakar yang dihasilkan tidak terlalu pekat.

2. Menambahkan Spuyer atau pilot jet
fungsi dari pilot jet ini sendiri adalah meningkatkan akselerasi pada motor dan menghindari bensin yang terbuang. Semakin sedikit bensin yang terbuang maka efisiensi dari kinerja mesin mendekati 100%.

3. Memastikan kondisi pada silinder skep
Selalu perhatikan pada silinder skep ,apakah pada silinder skep terdapat kotoran dari sisa pembakaran. Jika hal itu terjadi maka jarum skep lama-lama akan lecet ,sehingga kinerja mesin kurang optimal.

Baca Juga :


Beberapa tips di atas dapat anda lakukan jika menemukan masalah setelah anda melakukan pergantian karburator. Dengan mengoptimalkan karburator motor anda ,maka daya yang dihasilkan dari pembakaran akan semakin baik dan akselerasi pada motor meningkat. Namun akan lebih baik jika anda melakukan pergantian karburator ,sebaiknya anda menggunakan karburator yang sesuai sehingga kinerjanya pun dapat optimal.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner