5 Tips Modifikasi Mobil yang Benar

Tidak pernah puas adalah kodrat manusiawi yang ada pada manusia. Begitu pula dalam dunia automotif kita selalu menginginkan hal yang lebih untuk kendaraan kesayangan kita. Kadang kita didera rasa bosan dengan tampilan dan desain mobil yang telah lama kita gunakan, atau mungkin tidak puas dengan desain bawaan pabrik. Banyak alasan bagi pemilik mobil untuk memodifikasi mobilnya. Namun sebelum memutuskan memulai modifikasi pada mobil anda ada baiknya anda mengetahui tips modifikasi mobil yang benar agar kegiatan memodifikasi mobil anda berjalan lancar dan sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut adalah 5 tips modifikasi mobil yang benar dan patut anda pertimbangkan:

modifikasi mobil yang benar

1. Konsep dan Anggaran

Konsep dan anggaran adalah hal yang mendasar dan utama diantara tips modifikasi mobil yang benar dan harus benar-benar anda fikirkan secara matang. Pertama konsep yang anda inginkan harus benar-benar keinginn dan hasrat terdalam bagi anda dan telah mempertimbangkan sisi baik buruknya sehingga setelah modifikasi selesai anda benar-benar puas dan tidak menyesal. Hubungkan konsep yang anda inginkan dengan anggaran yang mampu anda kucurkan. Desain konsep dengan biaya seminim mungkin namun menghasilkan desain sesuai konsep yang anda inginkan. Anda bisa mempertimbangkan dari segi material dan teknik modifikasi. Pastikan estimasi biaya berada dibawah anggaran yang mampu anda sediakan sehingga biaya tak terduga masih mampu anda tutupi tanpa kebingungan mencari sumber biaya apalagi bagi anda dengan penghasilan terbatas. Anda tentu tidak ingin kegiatan modifikasi terhambat di tengah jalan sebab kekurangan dana.

2. Rancangan dan Perencanaan.

Dalam tips modifikasi mobil yang benar yang saya kemukakan ini, rancangan dan perencanaan merupakan bagian pertama yang anda harus susun setelah memastikan konsep dan anggaran. Jika anda melakukan modifikasi sendiri anda harus merancang waktu kerja bagi anda hingga tidak mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari anda. Memetakan perencanaan kerja dngan memilah bagian2 yang akan dimodif mengestimasi waktu lalu mengurutkan rencana kerja itu sehingga rapi dan teratur. Dengan begini modifikasi yang anda lakukan dapat terukur. Bila anda menyerahkan modifikasi pada pihak lain anda juga harus merancang waktu kontrol terhadap kinerja tersebut dan mengestimasi waktu selesai sehingga anda dapat melakukan perjanjian dengan pihak tersebut. Dengan mengetahui rancang kerja dan estimasi waktu kita juga bisa mengukur kinerja pihak yang kita percaya memodifikasi mobil kita dan mempertimbangkan biaya yang pihak tersebut ajukan.

3. Pastikan tujuan modifikasi tidak mengganggu keamana dan keselamatan berkendara.

Untuk hal yang satu ini anda tidak dapat kompromi. Jangan samapai modifikasi yang anda lakukan malah menyebabkan ketidakamanan anda dalam berkendara atau tidak sesuai dengan ketentuan dan undang-undang lalu lintas yang berlaku. Hal ini dapat menimbulkan asalah baru bagi anda. Anda perlu konsultasi pada ahlinya atau mencari lbih banyak sumber untuk refrensi anda.

4. Memilih material modifikasi yang aman dan berkualitas.

Setelah mengetahui modifikasi yang akan anda lakukan aman dalm tips modifikasi mobil yang benar, hal yang tak kalah penting adalah memilih material modifikasi yang aman dan berkualitas. Aman khususnya pemakaian untuk interior mobil anda astikan  tidak mengandung zat-zat berbahaya. Berkualitas untuk menjaga keawetan modifikasi yang anda lakukan.

5. Perjanjian kerja

Jika anda menyerahkan modifikasi kepada pihak lain anda harus perhatikan perjanjian kerja yang disepakati dan dipahami kedua belah pihak terutama mengenai konsep, biaya, estimasai waktu dan pilihan material agar tidak terjadi masalah dibelakang hari, seperti pembengkakan biaya, kemunduran waktu, hasil yang tidak sesuai konsep atau material yang digunakan tidak seperti yang dijanjikan. Anda perlu meluangkan waktu kontrol jika modifikasi yang dilakukan memakan waktu berhari-hari dan melibatkan bagian2 mobil yang kompleks.

Baca juga :
Demikian tips modifikasi mobil yang benar yang dapat saya sampaikan. Semoga bermafaat bagi para pembaca.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner