Melakukan pemanasan motor sebelum digunakan

Melakukan hal yang ekstra bisa memberi suatu kemanfaatan yang lebih di kemudian hari. Hal ini berlaku juga untuk sarana transportasi contohnya motor. Melakukan pemanasan motor sebelum digunakan bisa membuat motor menjadi lebih awet  dan jadi jarang untuk mengunjungi bengkel karena alasan motor ‘rewel’. Dengan dipanaskan mesin motor bisa membuat motor lebih merasa siap untuk menanggung kerja yang berat. Sering kali ditemui ketika pagi hari, pengguna motor kesulitan untuk memanaskan motor, hal ini disebabkan karena mesin motor belum memenuhi standar suhu yang minimum. Suhu minimum motor kurang lebih sekitar 70-80 serajat Celcius. Oli belum bersirkulasi dengan baik, apabila motor sudah digunakan sebelum dipanasi.

melakukan pemanasan motor sebelum digunakan

Mesin pada motor yang sudah dipanasi terlebih dahulu akan lebih mudah untuk di-starter. Pemanasan motor sebelum digunakan perlu memperhatikan beberapa kiat agar memudahkan diantaranya yaitu :

  1. Menghidupkan mesin, bila hal ini masih susah dilakukan maka bisa menggunakan stater manual atau kick starter hal ini bisa lebih mudah untuk memberi kompresi yang lebih besar. Sehingga bahan bakar dan udara bisa tercampur sempurna.  Selain itu juga bisa menghemat aki. 
  2. Panaskan motor dalam durasi 1-2 menit, sehingga bisa mencapai suhu minimum kurang lebih 70-80 derajat celsius. Sebaiknya jangan mencoba untuk terlalu menggeber mesin. Karena hal itu bisa membuat onderdil pada mesin cepat rusak dan lapuk. Beberapa nilai plus ketika motor tidak dipanasi lebih dari 1-2 menit yaitu :
     
    - Sirkulasi oli pada mesin motor bisa menjadi lebih bagus.
    - Membuat bahan bakar menjadi efisien dalam penggunaannya sehingga tidak banyak membuang percuma.

    - Suhu mesin sudah hangat untuk bisa diajak running.
  3. Hindari pemanasan mesin motor lebih dari 2 menit apalagi 5 menit,  atau telalu lama memanasi motor. Beberapa hal minus bila terlalu lama memanasi motor diantaranya :

    - Dapat merusak cat pada knalpot motor.
    - Tidak efisiensi bahan bakar, membuang bahan bakar secara percuma. 
Baca Juga :
Sehingga, melakukan pemanasan motor sebelum digunakan  menjadi hal sangat penting bagi pengendara, dan perlu sekiranya memperhatian ketentuan kiat di atas agar motor tetap enak dipakai dan dilihat.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner