Cara Merawat Aki Mobil

Aki pada mobil termasuk komponen mesin yang tidak bisa diremehkan. Karena ketika satu komponen ini bermasalah akan membuat mobil bisa menimbulkan masalah penting. Aki mobil punya peranan sebagi sumber listrik yang menyupai energi ke beberapa komponen listrik seperti lampu, AC, klakson, ataupun system video. Sehingga sangat penting untuk merawat aki mobil. Aki mempunyai dua jenis tripikal yaitu ada aki basah dan kering. Perlu adanya perawatan ekstra untuk aki basah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan pada aki mobil. Hanya dibutuhkan ketelatenan dan kontinyu.

merawat aki mobil

Merawat aki mobil berfungsi untuk memperpanjang umur aki, selain itu bisa menghemat banyak biaya dan juga bisa membuat aki bisa bekerja secara maksimal. Berikut beberapa langkah untuk bisa merawat aki  :

  1. Melakukan penge-checkan untuk beban penggunaan aki secara berkala. Hal ini bisa dilakuakn setiap sebulan sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel, untuk mengetahui apakah aki masih mampu menyuplai listrik untuk komponen mobil lainnya secara cukup atau tidak. 
  2. Membersihkan aki mobil secara rutin, karena tidak jarang bila terminal aki terkena kotoran dan debu. Efek negatif bila hal ini dibiarkan akan menghambat arus ke berbagai komponen. Aki  bisa dibersihkan dengan baking soda yang diencerkan lalu sikat bagian terminal dengan sikat kawat atau plastik. 
  3. Kecangkan kabel aki, kabel aki yang tidak teikat dengan baik bisa menggangu supai listrik ke komponen lainnya. 
  4. Periksa cairan elektrolit secara berkala. Hindari batas low, bila sudah begitu lakukan penambahan.
  5. Aki mobil bisa bertahan selama 4 sampai 5 tahun. Sehingga lakukan penggantian aki bila sudah mendekati masanya. Gunakan aki yang spesifikasinya sama degan yang lama, sehingga mudah dipasang. 
Merawat aki mobil  bisa dilakukan juga dengan memanaskan mobil secara rutin, walaupun mobil jarang dipakai. Karena bila mobil jarang dipanaskan hal itu bisa membuat usia aki mobil tidak bertahan lama. Selain itu hindari juga penchargeran(menyetrum) aki terlalu lama, karena bisa membuat komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner