Cara dan Tips Merawat Busi Motor

Salah satu bagian terpenting dalam sepeda motor adalah busi, karena busi ini sendiri yang akan membantu pengapian saat motor dinyalakan. Karenanya, tanpa adanya busi maka motor tak akan menyala mesinnya. Begitupula bila ada busi pun bisa jadi mesin motor tak bisa menyala karena busi anda kotor dan tidak dapar berfungsi sebagaimana mestinya. Bila busi anda kotor, bisa menyebabkan motor anda mati di jalan saat anda mengendarainya. Apalagi bila anda sedang terburu  buru, tentu sangat menyebalkan bila motor macet gara  gara busi yang tak berfungsi akibat keteledoran anda sendiri. Berikut ini merupakan cara dan tips merawat busi motor agar awet dan berfungsi normal:

merawat busi motor agar awet

  1. Bersihkan busi dengan sikat kawat serta bensin yang dilumuri pada permukaan bensin, perlahan  lahan sampai debo dan kotorannya hilang. Banyak orang yang menggunakan amplas untuk menggosok kotoran busi, sebenarnya itu adalah cara yang salah karena akan merusak elektroda busi dan membuat busi mudah rusak.
  2. Berikan jarak saat pemasangan busi, hal ini sangat bergantung pada jenis dan merk motor anda. Anda perkirakan saja, dengan berikan sedikit jarak saat pemasangan busi.
  3. Tips merawat busi motor selanjutnya adalah cek kabel busi anda dan ingat  ingat kapan terakhir anda menggantinya. Bila memang sudah terlalu lama atau anda belum pernah mengganti kabel busi sejak anda membeli motor, maka segeralah ganti kabel. Ini untuk meminimalisir kemungkinan  kemungkinan buruk yang akan terjadi pada motor anda.
  4. Coba cek dan pasang busi motor anda lalu nyalakan, coba dengarkan suara motor anda dan performa motor anda. Bila sudah normal seperti biaanya, berarti anda sudah berhasil dalam membersihkan busi motor. Akan tetapi bila adan ssesuatu yang anhe, anda dapat mengulang kembali membersihkan busi anda. Kemungkinan anda kurang bersih membersihkannya.
Baca Juga :
Deminikian tadi cara dan tips merawat busi motor dengan baik dan benar. Karena dengan keadaan busi yang bersih dan berfungsi normal, tentu akan memudahkan anda beraktifitas bersama motor kesayangan anda.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner