5 Cara Membuat Peforma Mesin Motor Lebih Baik

Tidak pernah merasa cukup tampaknya merupakan kodrat manusia yang begitu terlihat. Dalam berkendara motor juga kita kerap kali tidak puas dengan peforma standar bawaan pabrik. Para pengendara motor selalu mendambakan peforma mesin motor yang lebih baik dan selalu mencarai cara membuat peforma motor lebih baik lagi. Tidak ada yang salah dalam keinginan ini selam kita selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Karena saat berkendara motor kita tidak hanya sebagai pelaku tunggal di jalan raya, masih ada pengguna jalan raya lain yang harus kita perhatikan kenyamanan dan keamanannya. Pada kesempatan ini saya mencoba mengupas mengenai bagaimana cara membuat peforma mesin motor lebih baik.

membuat performa mesin lebih baik

1. Menambah kapasitas mesin.
Semakin besar kapasitas mesin berarti semakin lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas mesin yang kecil tidak mampu melaju kencang. Hasil bore up gila-gilaan saja terkadang masih kalah engan mesin kapasitas kecil. Mengesampingkan semua itu untuk motor dengan penggunaan harian meningkatkan kapasitas mesin menjadi lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki peforma mesin motor. Hal ini disebabkan mesin kamu mapu memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin. Adaa dua cara yang dapat anda lakukan yatu melesakan piston dengan diameter lebih besar atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengn pen stroker aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

2. Meningkatkan rasio.
Rasio kompresi yang lebih tinggi sedikit banyak pasti memproduksi tenaga yang lebih.hal ini merupakan bagian penting dalam cara membuat peforma mesin motor lebih baik. Semakin anda padatkan campuran udara berbanding bahan bakar maka semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara sepontan namun harus diikuti dengan tingkat oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memapas kop atau silinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang pembakaran.

3. Mempermudah udara mengalir masuk.
Saat piston bergerak mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara yang ada dapat mmengurangi kantong-kantong tenaga padaa mesin. Hambatan udara ini dapat dikurangi dengan cara memodifikasi padaa saluran pemasukan silinder ( porting). Selain memperbesar volumnya juga harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang boleh anda coba adalah dengan konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk pada sebuah silinder.

4. Melepaskan gas buang secara bebas.
Jika terdapat hambatan untuk membuang gas dari silinder ini akan mengurangi tenaga mesin. Untuk mengatasi masalah ini salah satunya dengan menggunakan knalpor fre flow. Selain itu dengan memperbesar head yang memakai 2 klep buang secara cepat akan mampu melepaskan gas sisa pembakaran dari dalam silinder

5. Memperingan komponen.
Komponen yang lebih ringan menjadikan mesin bekerja lebih baik karna mampu mengurangi beban mesin. Setiap piston berubah arah pasti memerlukan energi untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Bobot piston yang lebih ringan akanmengurangi penggunaan energy ini. Selain itu akan mengurangi beban gesekan, dan beban rotasi. Semua ini yang disebut efisiensi mekanis.

Baca Juga :


Demikian cara membuat peforma mesin motor lebih baik dari sebelumnya. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk kepentingan kepuasan hati anda dalam mendambakan peforma mesin motor yang lebih baik.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner